Uncategorized

Doa-doa Mustajab untuk Memohon Kebaikan dan Keberkahan dari Allah SWT

Posted by admin

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Ada satu hal yang selalu kita butuhkan dalam hidup ini, yaitu kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Tidak ada yang lebih penting daripada memohon doa kepada-Nya agar diri kita senantiasa mendapat rahmat dan berkah-Nya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi dengan Anda beberapa doa dan niat yang mustajab untuk memohon kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Mari kita simak bersama-sama!

 

Assalamualaikum! Kebaikan dan keberkahan adalah sesuatu yang selalu kita inginkan dalam hidup ini. Namun, seringkali kita merasa sulit untuk mendapatkannya meskipun sudah berusaha sekuat tenaga. Ternyata, ada doa-doa mustajab yang bisa kita panjatkan kepada Allah SWT agar diampuni dosa-dosaa serta diberi kemudahan dalam segala urusan. Yuk, simak artikel bersumber dari situs AshefaNews ini sampai habis dan temukan rahasia doa-doa mustajab untuk memohon kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT!

 

Pengertian Doa Mustajab

 

Doa Mustajab adalah doa yang dikabulkan oleh Allah SWT. Doa ini biasanya dilakukan ketika manusia sedang mengalami kesulitan atau masalah. Manusia sering melakukan doa mustajab untuk memohon kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Doa mustajab juga sering dilakukan untuk mencapai suatu tujuan atau impian.

 

Doa mustajab adalah doa yang diajukan kepada Allah SWT dengan sepenuh hati dan khusyu’, serta diikuti dengan amalan yang baik, insyaallah akan dikabulkan oleh Allah SWT. Kebanyakan orang berdoa hanya ketika mengalami masalah atau sedang kesulitan, padahal seharusnya kita berdoa setiap hari untuk memohon kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

 

Adapun beberapa doa mustajab yang sering digunakan oleh umat Islam, antara lain:

 

Doa ketika mendengar adzan:اللَّهُمَّ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ وأحيِنا بعد وماتنا وارحمنا اصحاب القبور (Allaahumma rabbanaaghfir lana wa tawaffana muslim iin wa aahinii bi’idhnil mawt wa arhamna ash-haabul qabuur).

 

Doa ketika mengalami kesulitan: اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ والْحَزَنِ والْعَجْزِ والْغَلَبةِ والران (Allaahumma inny a’uudhu bika minal hammi wal huzni wal ‘ajzi wal ghalaabah war raan).

 

Doa ketika ingin mendapatkan kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT: اللهم رب كل شيء اجعل لي من فوقها ومن تحتها رحمة واعوذ  بك من فوقها ومن تحتها نفاس (Allaahumma Rabba kulli shay’in aj’al lii min fawqih wa min tahtihi rahmatan wa a’udzu bika min fawqihi wa min tahtihi nifaaq).

Doa ketika berusaha mencari jalan keluar dari masalah: اللهم اشرح لي صدري واحفظني من كل شيء خوفا (Allaahumma ashra hu lii sadri wa ahfazh nii min kulli shay’in khaufaa).

Kesimpulannya, doa mustajab adalah doa yang dikabulkan oleh Allah SWT dengan mengucapkannya dengan ikhlas dan khusyu’, serta diikuti dengan amalan yang baik. Semoga Allah SWT memudahkan kita semua untuk mendapatkan kebaikan dan keberkahan.

 

Bagaimana Cara Memohon Kebaikan dan Keberkahan dari Allah SWT?

 

Doa adalah salah satu cara untuk memohon kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita berdoa dengan sungguh-sungguh dan tawakal kepada Allah SWT agar kita diberi segala kebaikan dan keberkahan.

 

Doa yang mustajab adalah doa yang pasti dikabulkan oleh Allah SWT. Pada umumnya, doa mustajab terdiri atas doa-doa tertentu yang telah diijazahkan oleh Nabi Muhammad SAW atau para ulama. Doa-doa tertentu ini biasanya berisi permohonan agar Allah memberikan keselamatan dunia akhirat, meningkatkan iman dan taqwa, serta melindungi umat Islam dari segala musibah.

 

Berikut ini adalah beberapa do’a mustajab yang bisa Anda panjatkan untuk memohon kebaikan dan keberkahan dari  Allah SWT:

 

  1. “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada (nama diri Anda) dan hamba-hamba Mu yang lain.” (HR. Al-Bukhari)

 

  1. “Ya Tuhanku, berilah kepadaku keberkahan di dunia dan akhirat. Berilah aku kebaikan di dunia dan akhirat dan peliharalah aku dari siksa neraka.” (HR. Al-Baihaqi)

 

  1. “Wahai Tuhan Yang Maha Kuasa, sesungguhnya aku memohon petunjuk, keteguhan hati, kesabaran, kebajikan dan berkat rizki yang banyak untuk diriku dan umatmu.” (HR Abu Dawud)

 

Doa yang Dapat Digunakan untuk Memohon Kebaikan dan Keberkahan

 

Doa merupakan salah satu cara untuk memohon kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Karena itu, sebagai seorang muslim, kita harus rutin mengamalkan doa agar selalu mendapatkan berkah dalam hidup.

 

Berikut adalah beberapa doa yang dapat digunakan untuk memohon kebaikan dan keberkahan:

 

Doa ketika melihat bulan: “Ya Allah, dengan rahmat-Mu wahai Rabb kami, berilah kami kebaikan dan keberkahan di bulan ini”.

 

Doa ketika mendengar suara petir: “Ya Allah, jauhkanlah kami dari siksaan-Mu di dunia dan di akhirat”.

 

Doa ketika mendengar adzan: “Ya Allah, pertemukanlah kami dengan imam kami di surga”.

 

Doa ketika makan: “Ya Allah, berilah rezeki yang halal dan berkah padaku”.

 

Doa ketika minum: “YaAllah,tunjukkanlah aku jalan yang benar dan  berilah aku kebaikan dan keberkahan”.

 

Doa ketika membaca Al-Quran: “Ya Allah, jadikanlah Al-Quran sebagai penyejuk hati dan penerang jalan hidupku”.

 

Semoga dengan doa-doa di atas dapat membantu kita untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT. Amin.

 

Manfaat Doa Mustajab

 

Doa Mustajab adalah doa yang diyakini pasti dikabulkan oleh Allah SWT. Doa ini sering digunakan untuk memohon kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Manfaat doa Mustajab sangatlah banyak, diantaranya:

 

– Membantu kita untuk selalu mendapatkan rahmat dan pertolongan dari Allah SWT;

– Menjadikan kita selalu dalam lindungan dan perlindungan Allah SWT;

– Mendekatkan kita pada Allah SWT;

– Meningkatkan iman dan takwa kita pada Allah SWT;

– Membantu kita untuk mencapai segala keinginan yang baik;

– Menjadikan hidup kita lebih berkualitas dan diridhai oleh Allah SWT.

Doa Mustajab adalah salah satu cara yang kita lakukan untuk senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT dan meraih ridho-Nya. Semoga doa Mustajab ini memberikan manfaat yang besar bagi setiap orang yang membacanya. Amin.

 

Tips Menjalankan Doa Mustajab

 

Pertama, sebelum melakukan doa, hendaknya kita bersihkan diri dengan mandi wajib. Kedua, berwudhu dengan sempurna sesuai syariat Islam. Ketiga, mengucapkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak-banyaknya. Keempat, setelah itu kita membaca ayat Kursi dan beberapa ayat Al-Qur’an lainnya yang dapat meningkatkan kekuatan doa. Kelima, berdoa dengan khusyu’ dan tawakkal kepada Allah SWT. Keenam, janganlah meninggalkan shalat lima waktu secara terus-menerus agar doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah SWT.

 

Doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sangatlah ampuh dan efektif untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa doa yang mustajab adalah sebagai berikut:

 

  1. Doa ketika mendengar adzan
  2. Doa ketika berbuka puasa
  3. Doa ketika masuk waktu shalat
  4. Doa setelah shalat fardhu
  5. Doa memohon hidayah dan petunjuk Allah SWT
  6. Doa minta dilindungi dari godaan syetan
  7. Doa menghadapi musibah dan ujian hidup
  8. Doa ketika berjumpa orang yang di hormati
  9. Doa memohon rahmat dan kasih sayang dari Allah SWT
  10. Doa untuk orang tua

 

 

Related Post